Kamis, 07 September 2017

PESONA ALAM BENDUNGAN WONOREJO

Wah jumpa lagi ya guys. Thanks yaa buat kalian yang setia mau nengok blog aku hehe. Mumpung lagi mager aku mau lanjutin postingan blog nih, mau tau? Yuk kepoin aja gpp kok sambil nambah ilmu sekaligus biar rajin membaca yaa waks :v Kali ini aku bahas mengenai Pesona Waduk atau bisa disebut Bendungan Wonorejo di kota Tulungagung.
Selain alam nya yang indah, Tulungangung juga punya wisata buatan berupa bendungan yang indah. Jika mampir ke sana, sempatkanlah mampir ke Bendungan Wonorejo.
Ketika saya mengunjungi Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur, saya tidak lupa menyempatkan diri untuk menikmati keindahan Bendungan Wonorejo.
Besarnya kapasitas dan luas bendungan ini membuat pemandangan di area sekitarnya sangat menarik. Waduk yang besar dan dikelilingi perbukitan semakin memanjakan mata para pengunjungnya.
Untuk mencapai bendungan ini cukup mudah. Hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit atau sekitar 12 Km dari kota Tulungagung. Tarif masuk cukup terjangkau dan jauh dari kata mahal. Di pelataran parkir sudah banyak warung yang menjajakan dagangannya. Minuman dingin yang saya nikmati di pinggir Bendungan Wonorejo membuat kenikmatannya berlipat ganda.
Selain fungsi utama waduk ini digunakan untuk pencegah banjir yang dahulu sering melanda Tulungagung. Area waduk juga biasa digunakan untuk sarana edukasi dan kegiatan outbond.

Waduk Wonorejo merupakan salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara. Terletak di desa Wonorejo kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Berada di bagian selatan lereng gunung Wilis, membuat waduk ini multi fungsi bagi keberlangsungan hidup masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.
Selain berfungsi sebagai irigasi, tetapi waduk ini juga menjadi sebuah pengendalian banjir, pembangkit listrik, perusahaan air minum, budidaya ikan tawar dan sebagai objek wisata.
Pemerintah Daerah Tulungagung banyak melakukan ekplorasi mengenai Waduk Wonorejo untuk mendongkrak hasil  pendapatan daerah.
Secara khusus pengelolaan Waduk Wonorejo berada di bawah tanggung jawab Perum Jasa Tirta 1 Pemda Tulungagung, Sekarang Waduk Wonorejo tidak hanya di kenal dalam seputar Tulungagung, tetapi menjadi sebuah kebanggan Jawa Timur.

Asal Usul Waduk Wonorejo tidak lepas dari sejarah pengendalian banjir di wilayah kabupaten tulungagung. Dampak dibangun nya Terowongan Niyama mengakibatkan sebagian daerah di sisi barat Kanal Agung kekeringan, sehingga warga di sekitar kecamatan Gondang, Kauman, Karang Rejo, Pagerwojo kesulitan menggarap sawahnya. Sebuah realitis jika dulunya daerah tersebut jadi langganan banjir. Akhirnya di tahun 80an pemerintah pusat mengambil kebijakan membangun Waduk Wonorejo tahap 1 dan di rencanakan pembangunanya selesai di tahun 1988,
Namun akibat berbagai faktor proyek ini tertunda.

Kemudian di lanjutkan di tahun 1992 sampai akhirnya di tengah reformasi pada tanggal 21 Juni 2001 Waduk Wonorejo di resmikan oleh Wakil Presiden RI saat itu Megawati Soekarno Putri, Dan di buka untuk umum pada tahun 2004 sebagai Objek Wisata. Selama proyek pembangunan Waduk Wonorejo banyak di temui cerita mistis yang berkembang di masyarakat sekitar.
Sampai sekarang cerita misteri waduk Wonorejo masih sering di dengar seperti kemunculan buaya putih di tengah tengah waduk, maupun jeritan para pekerja minta tolong.
Kontraktor waduk Wonorejo di pegang oleh perusahaan BUMN PT Widya Karya ( WIKA ). Dan hasilnya Waduk Wonorejo terlihat Kokoh, minimalis tapi terlihat menarik.
Luas area Waduk Wonorejo sekitar 3,85 Km dengan elevasi titik puncak 188 m, Tinggi Waduk Wonorejo sekitar 100 m, dan Panjang sekitar 545 m.
Dan terdapat Spillway yang berfungsi untuk menampung luapan banjir, dengan kapasitas 540 meter kubik per detiknya.
Sebagai upaya pengendalian banjir di tulungagung, di bangunlah sarana penunjang utama ini.

Semenjak Waduk Wonorejo beroperasi, Petani di sekitar bisa menanami sawah mereka setiap tahun. Kalau sebelumnya mereka bisa menggarap sawah hanya saat waktu hujan saja, Sekarang bisa 3 kali panen dalam setahun. Melimpahnya air di Waduk Wonorejo di fungsikan lain untuk pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ).
Selain itu juga untuk mensuplai air minum untuk kebutuhan wilayah Surabaya dan sekitarnya. Dan juga di gunakan untuk budidaya ikan tawar, beberapa varian jenis ikan di waduk Wonorejo seperti Bandeng, Gurame, Lele.
Dalam satu kali panen bisa mendapat 200 ton ikan segar.

Potensi Waduk Wonorejo ini sangat membantu Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Tulungagung, Dan setiap tahunya mengalami peningkatan.
Tidak hanya itu saja manfaat Waduk Wonorejo di jadikan sebagai Objek Wisata unggulan.
Menurut Data dari Dinas Pariwisata kabupaten Tulungagung, kunjungan wisatawan ke Waduk Wonorejo berada di posisi ketiga setelah hantai Popoh dan pantai Sine.

Sebagai objek wisata unggulan di Tulungagung, Fasilitas Waduk Wonorejo sangat bagus sebagai sarana pariwisata keluarga.
dari sarana dan prasarana sangat memadai dan mudah untuk di akses dari berbagai arah.
Rute menuju Waduk Wonorejo juga menyajikan pemandangan yang hijau, serta lahan pertanian yang subur.
Karena Letak Waduk Wonorejo yang berada di lereng gunung wilis membuat perjalanan wisata sangat menyenangkan.
Tarif masuk Waduk Wonorejo juga relatif murah, pengunjung bisa membayar 5000 rupiah saja.

Berikut ini Fasilitas yang ada di waduk Wonorejo :
1.Hotel
Fasilitas Hotel di Waduk Wonorejo ada berbagai kelas. Tarif Hotel di Waduk Wonorejo tergantung isi dompet pengunjung.
Dan letaknya sangat strategis, ada yang menghadap langsung ke waduk Wonorejo dan ada di dekat pintu masuk.
2.Villa
Fasilitas Villa di Waduk Wonorejo juga sangat beragam dan letaknya tidak jauh dari Waduk Wonorejo, dan di sekitarnya banyak pepohonan yang hijau.
3.Gedung Pertemuan
Fasilitas Gedung Pertemuan ini bisa menampung lebih 400 orang.
dan bisa di gunakan untuk berbagai acara seperti rapat kerja, pernikahan, ataupun acara acara lainnya.
4.Terowongan
Fasilitas Terowongan waduk Wonorejo berjarak 300 meter, pengunjung tidak bisa sembarangan masuk tanpa izin dan di dampingi petugas waduk.
5.Play Ground
Fasilitas Play Ground di tujukan untuk wisatawan yang berkunjung bersama keluarga khusus yang membawa anak anak.
Wahana di sini sangat lengkap dan di tambah kolam renang membuat anak anak betah bermain.Perkemahan
Fasilitas Perkemahan di Waduk Wonorejo ada 4 tempat yang lengkap dengan MCK.
Area Perkemahan sangat ideal untuk pecinta alam dan lingkungan hidup..
6.Perahu Boat
Fasilitas Perahu Boat di waduk Wonorejo bisa untuk menguji adrenalin pengunjung.
dengan tarif yang murah pengunjung bisa melihat semua kawasan Waduk Wonorejo.
7.Kantin
Fasilitas Kantin di Waduk Wonorejo menyediakan banyak varian masakan fan makanan. Dari menu tradisional sampai menu modern siap menanjakan pengunjung dan letaknya sangat dekat dengan area waduk Wonorejo
8.Memancing
Fasilitas Memancing di Waduk Wonorejo sangat menyenangkan.
Bagi pengunjung yang hobi memancing, tidak perlu bingung soal umpan.
karena sudah banyak pedagang yang menyediakan berbagai umpan memancing di Waduk Wonorejo.
Dan yang paling saya suka mancing bandeng di Waduk Wonorejo karena ikan bandengnya sangat gureh. Hihiiii

Selain fasilitas wisata di atas, Fasilitas menarik lainnya adalah
1.Jogging Track
Fasilitas Jogging di Waduk Wonorejo sepanjang 1 km melintasi tepi waduk, dan udaranya sangat sejuk karena berada di lingkungan yang hijau
2.Sepeda Gunung
Fasilitas Sepeda Gunung di Waduk Wonorejo sangat menantang, rute yang di lalui adalah kawasan hutan lindur serta area pertanian yang subur
3.Off Road
Fasilitas Off Road di Waduk Wonorejo berkelas nasional, Banyak event event skala nasional pernah di adakan di sini.
Selain bisa di gunakan untuk Off Road, juga bisa di gur untuk motor cross

Fasilitas pendukung lainnya yang ada di Waduk Wonorejo seperti Area parkir yang luas, Heliped untuk pendaratan Helikopter, Serta tempat ibadah. Dan juga pemandu wisata yang siap memberi informasi tentang Waduk Wonorejo dan juga mengajak jalan jalan ke semua area waduk Wonorejo.


Begitulah Sekilas tentang Waduk Wonorejo dan sekitarnya. Semoga bisa menambah informasi kalian tentang Pariwisata di Tulungagung. Dan jika kalian hendak menuju Waduk Wonorejo bisa dari arah kota Tulungagung ke barat kemudian Sampai perempatan cuwiri belok ke barat, kemudian sampai ketemu pamflet Waduk Wonorejo belok ke kiri ikuti arah jalan tersebut.
Jalur kedua dari arah kota Tulungagung lurus ke barat arah Trenggalek, Kemudian sampai pertigaan depan Gondang belok kanan dan ikuti jalur tersebut.
Jika kebingungan dengan rute menuju Waduk Wonorejo bisa menggunakan bantuan google map. Karena sekarang sudah tersedia Waduk Wonorejo map yang bisa memberikan informasi rute Waduk Wonorejo.

Jangan lupa ya guys kalo kesana sempatkan foto bersama keluarga atau bisa teman" serta manjakan mata dengan alam nya yang mantab :) untuk postingan kali ini udah dulu ya. Lain kali lanjut lagi. Semoga informasi mengenai Waduk Wonorejo ini bermanfaat buat kalian. Thanks :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar