Rabu, 06 September 2017

KAMPUNG COKLAT BLITAR


Hai, jumpa lagi di blog ku ya hehe.. Untuk kalian yang sudah mau mampir membaca makasih yaa. Tunggu postingan aku selanjutnya.. semoga bermanfaat guys. Hari ini akan aku bahas mengenai
WISATA KAMPUNG COKLAT BLITAR
Ternyata Kota Blitar juga memiliki wisata keluarga dan sekaligus menjadi salah satu eduwisata di Blitar yaitu Kampung Coklat Blitar sebuah kampung atau desa wisata penghasil coklat dan aneka olahan yang berbahan dasar coklat yang menarik.
Tempat wisata Blitar yang satu ini cocok dikunjungi semua kalangan dan usia, disini kalian dapat bersantai bersama keluarga sambil belajar dan menikmati aneka makanan dan minuman yang terbuat dari bahan coklat.

Alamat dan Rute Lokasi Kampung Coklat:
Lokasi Kampung Coklat Blitar terletak di Kademangan, Kabupaten Blitar Jawa Timur atau tepatnya di Jl. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo. Rute menuju lokasi kalau dari arah Kota Blitar silahkan arahkan kendaraan kalian menuju selatan atau ke arah Kecamatan Kademangan, nanti setelah melewati jembatan kademangan terdapat pertigaan dengan petunjuk arah menuju ke kampung coklat, silahkan ikuti petunjuk arah tersebut. Kalau dari pusat kota Blitar ke Kampung Coklat membutuhkan waktu sekitar 20 menitan.

Sejarah Kampung Coklat:
Sebelum mengenal lebih jauh tentang kampung coklat, ada baiknya kita mengetahui awal mula atau sejarah adanya wisata edukasi blitar ini. Kampung Coklat sendiri bermula pada saat usaha peternakan ayam milik Bpk Kholid Mustafa (Pimpinan Kampung Coklat) mengalami kerugian yang disebabkan oleh wabah flue burung (2004), sejak itu beliau beralih profesi dengan fokus pada budidaya Kakao / Coklat di lahan seluas 750 m2 yang sebelumnya memang sudah ditanami pohon kakao sejak tahun 2000. Untuk memperdalam ilmu tentang budidaya kakao, beliu sempat magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember lalu membentuk GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) Guyub Santoso pada tanggal 01 januari 2005. Gapoktan Guyub Santoso ini yang akhirnya terus berkembang dengan mendirikan beberapa badan usaha seperti UD dan CV hingga mampu memasarkan biji Kakao baik regional, nasional bahkan Internasional. Dari situlah perkembangan Kampung Coklat hingga berhasil memproduksi berbagai aneka olahan coklat dan menjadi Kampung Wisata yang sangat digemari di Blitar.

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat:
Karena Kampung Coklat ini sudah menjadi kawasan wisata yang dikelola dengan baik, wajar saja kalau pihak pengelola menarik retribusi bagi pengunjungnya. Harga tiket masuk sebesar Rp 5000/orang. Sebelum sampai di loket untuk membayar tiket masuk, wisatawan akan melewati gudang coklat yang mengeluarkan aroma coklat dengan sangat tajam, anda dapat melihat betapa banyaknya biji coklat yang ada di dalamnya.
Setelah melakukan pembayaran di loket dekat pintu masuk, selanjutnya pengunjung dapat merasakan sensasi bersantai di kebun coklat yang sudah dikelola dan dibuat nyaman untuk bersantai bersama teman-teman dan keluarga.
Saat sudah berada di dalam Kampung Coklat Blitar, wisatawan akan menjumpai outlet-outlet yang menyediakan berbagai aneka produk dan olahan coklat seperti es coklat, ice cream coklat, mie coklat dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu bagi kalian yang tak hanya ingin sekedar ngemil,disana juga sudah tersedia pilihan menu makanan.

Beberapa fasilitas yang ada di kampung Coklat Blitar diantaranya:
Musholla
Tempat Makan / Area Kuliner
Kamar Mandi / Toilet
Outlet-Outlet
Panggung Hiburan
Kolam Ikan untuk Refleksi
Wahana bermain ana-anak.

Selain dapat bersantai sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan coklat, wisatawan juga dapat melihat proses pembibitan pohon kakao yang nantinya akan menghasilkan buah coklat, namun aktivitas pembibitan ini tidak setiap hari dilakukan namun ada musimnya, jadi beruntung sekali bila kalian berkunjung ke Kampung Coklat Blitar pada saat bertepatan dengan pembibitan pohon kakao.
Tak hanya itu saja, di Kampung Coklat juga terdapat Cooking Class dimana wisatawan dapat belajar untuk mendekorasi atau mengolah coklat sesuai dengan yang di inginkan.
Selesai menikmati aneka olahan coklat dan cooking class, rasanya belum lengkap apabila berkunjung ke sana tanpa menyempatkan diri untuk berfoto ria di “GARAGE” yang ada di sebelah barat Kampung Coklat, disana terdapat mobil dan motor antik yang bisa membuat kita mengenang masa lalu hihi. Asik ya guys kalau gini? :v
Bagi yang membawa putra putri tercinta, di dalam kampung coklat sendiri terdapat wahana permainan anak-anak misalnya seperti kereta kelinci, istana balon dan perahu gayung. Fasilitas yang ada disana sudah sangat lengkap dan cocok sekali untuk wisata keluarga.

Produk Kampung Coklat:
Sebagai salah satu tempat penghasil coklat terbesar di Jawa Timur, Kampung Coklat Kediri tak hanya berhasil memproduksi biji coklat berkualitas namun juga berbagai olahan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan dasar coklat.

Nah berikut produk-produk yang diproduksi kampung coklat blitar:
Aplle Chocolate 500GrAplle Chocolate Biji LoveBubuk Murni 100Gr dan 500GrBubuk OriginalCrispy ChocolateDark 67% ChocolateLove Milk ChocolateMilk ChocolateMK Milk ChocolateOrange Chocolate.

Penasaran dengan produk-produk olahan kampung coklat blitar yang lainnya? Masih buanyak lagi lho yang ada di Kampung Coklat dan perlu kalian ketahui sebagai wahana edukasi juga. Jadi bakalan lebih asik bisa belajar sambil berwisata keluarga mengolah coklat langsung. Jangan lupa menyempatkan berkunjung ya guys untuk menambah wawasan kalian pada hari libur sehingga bermanfaat dan menjadi hal yang positif. Langsung saja menuju lokasi wisata yang terletak di Blitar ini. Selamat berlibur...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar