Senin, 11 September 2017

ICON KEDIRI PRESTISIUS (MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL)

Pasti kalian tau kan icon nya Kota Kediri? Pasti juga kalian khususnya  buat warga kediri dan sekitarnya udah pernah mampir ke tempat yang luar biasa ini ya :v banyak orang menyebutnya sih mirip menara di Paris hehe :v tapi bukan guys ini asli monumen Kota Kediri. Mau tau? Ini dia MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL (SLG) yuk intip postingan aku...

Setelah diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Kediri saat itu, Ir. H. Sutrisno, Monumen yang terletak di Jl. Erlangga, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini menjadi Icon baru Kediri atau Landmark Kediri serta menjadi tujuan utama wisata di Kediri. Simpang Lima Gumul merupakan persimpangan atau pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten.

Monumen Simpang Lima Gumul sering disebut sebagai "Paris Van Java Kediri" karena sekilas Monumen Simpang Lima Gumul ini memang mirip seperti Arc de triomphe de l'Étoile atau biasa dikenal Arc de Triomphe, di Paris, Perancis. Namun, arsitektur dan ukirannya berbeda karena monumen ini memiliki pahatan atau relief-relief yang menggambarkan Sejarah, Kesenian dan Kebudayaan Kediri. Terdapat pula Arca Ganesha di setiap sisi monumen, arca ini adalah simbol dari Pengetahuan, Kecerdasan, Kebijaksanaan, Penolak Bala dan Pelindung. Lalu, di sisi depan bangunan terdapat tulisan "Kediri Lagi" berukuran besar yang seolah-olah menyapa wisatawan yang berkunjung ke Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki luas bangunan 37 hektar secara keseluruhan, dengan luas bangunan 804 meter persegi dan tinggi mencapai 25 meter yang terdiri dari 6 lantai, serta ditumpu 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka luas dan tinggi monumen tersebut mencerminkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 maret 804 Masehi.

Di dalam Monumen Simpang Lima Gumul, terdapat Gedung pertemuan (Convention Hall) yang berada di gedung utama. Sebuah Auditorium di lantai atas dan minimarket yang menjual suvenir di lantai bawah. Terdapat juga Ruang Serbaguna (Multipupose) di Basement gedung. Sedangkan di luar monumen terdapat Terminal Bus antar kota dan MPU (Mobil Penumpang Umum), serta Pasar Tugu. Dinamakan Pasar Tugu karena hanya buka saat "Setu Minggu" yang berarti Sabtu dan Minggu. Tak jauh dari sini, terdapat juga wisata permainan air atau waterpark yang bernama Gumul Paradise Island (GPI).

YANG MENARIK DI MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL (SLG)
Di setap sudut jalan persimpangan terdapat areal parkir yang cukup luas. Setelah Anda memarkir kendaraan, Anda dapat memasuki akses masuk menuju ke terowongan bawah tanah yang langsung mengantarkan Anda ke Monumen Simpang Lima Gumul. Jadi saat lalu lintas sedang ramai, Anda dapat menuju ke Monumen melewati lorong bawah tanah dengan mudah tanpa harus susah-susah menyeberang jalan.

Setiap harinya, monumen ini tak pernah sepi pengunjung. Mereka biasanya menghabiskan waktunya untuk bersantai, berfoto-foto, atau berkumpul dengan teman atau keluarga mereka dengan menikmati keindahan Monumen SLG ini. Saat pagi hari (apa lagi saat akhir pekan), biasanya warga ramai-ramai datang ke SLG untuk berolahraga seperti jalan-jalan, jogging, bersepeda, bermain skateboard ataupun sepatu roda karena terdapat jogging track di sekitar sini. Saat malam minggu, biasanya dipenuhi oleh para komunitas motor atau mobil yang berkumpul dengan anggotanya ataupun muda-mudi yang menghabiskan malam mereka di sini. Jika Anda membutuhkan sesuatu, di sini juga terdapat mini market. Lalu, terdapat juga para pedagang kaki lima yang menjual aneka jajanan, makanan, minuman dan souvenir.

Di Simpang Lima Gumul ini juga sering diadakan event-event besar dan menarik, seperti Drag Race, Road Race, Jambore Nasional club-club Otomotif, serta Pekan Budaya dan Pariwisata yang diadakan oleh Pemkab Kediri yang menampilkan Parade Budaya, Mobil Hias, Tari-tarian, Pameran Pariwisata, Bazar dan UMKM yang menyuguhkan produk-produk unggulan dari Kabupaten Kediri seperti souvenir, makanan atau jajanan (kuliner).

GUMUL PARADISE ISLAND (GPI) :
Tak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul, terdapat waterpark menarik yang sayang untuk dilewatkan yaitu Gumul Paradise Island yang terletak di Jl. Simpang Lima Gumul Barat Ds. Sumberejo Kec. Ngasem, Kab. Kediri atau tepatnya di sebelah barat Monumen SLG. Di Gumul Paradise Island, Anda dapat menikmati berbagai wahana permainan air yang menarik, seperti Super Slide, Flying Fox, Kolam Bak Tumpah, Body Slide, Kolam Jamur, Fun Boomerang dan masih banyak lagi. Gumul Paradise Island merupakan tempat yang paling pas untuk berwisata bersama keluarga dan mengajak buah hati untuk bermain karena wahana airnya yang cukup lengkap dan menarik.

Harga tiket masuk sekitar Rp. 20.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak. Gumul Paradise Island buka mulai jam 08.00 - 17.00 (hari Selasa-Jum'at) dan 07.00 - 17.00 (hari Sabtu-Minggu), sedangkan hari Senin Libur.

AKSES KE SIMPANG LIMA GUMUL (SLG)
Rute atau Jalur untuk menuju ke Simpang Lima Gumul tidaklah sulit. Ada beberapa rute yang dapat Anda pilih sesuai arah asal daerah atau Kota Anda.

Jika dari arah Surabaya dan Malang, Anda dapat menempuh rute Pare - Gurah - Kediri. Setelah melewati Gurah, lurus saja dan ikuti jalannya yang menuju ke Kota Kediri.Jika dari arah Blitar, Anda dapat menempuh rute Wates - Pesantren - Kediri. Setelah melewati Pabrik Gula Pesantren, ikuti saja jalan utama yang menuju ke arah Simpang Lima GumulJika dari arah Trenggalek dan Tulungagung. Setelah melewati Alun-alun Kota Kediri, lurus saja sampai perempatan Jl. Dhoho ambil kiri ada Klenteng belok kanan, lurus sampai pertigaan Kantor Pos belok kanan lalu lurus (Anda akan melewati Kediri Town Square) sampai mentok ada traffic light belok kiri, setelah melewati KODIM 521, ada traffic light belok kanan (arah Gurah - Pare - Malang) lurus dan ikuti saja jalannya sampai sekitar 4 km dan Anda akan sampai.

Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kediri, yaitu membutuhkan kurang lebih 20 menit perjalanan. Monumen ini terletak di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Saat yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini adalah pada malam hari. Selain suasana nya yang dingin, pada malam hari monumen ini tampak lebih “glamor” yang dikarenakan lampu lampu yang memenuhi sisi bangunan.

Sudah pernah kesini? Jika belum, ajak keluarga maupun kerabat untuk berkunjung supaya bisa melihat monumen yang menjadi icon nya kota Kediri tercinta. Jangan lupa bawa kamera ya guys hehe. Postingan kali ini cukup dulu ya, kapan-kapan akan aku ceritakan pengalaman travelling ku selanjutnya. See u next post  🏵🏵


  



       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar